Laman

Senin, 09 April 2012

MTsN LAWANG (Dalam Kilas Sejarah)

 
KILAS SEJARAH MTsN LAWANG

Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Lawang sebelum tumbuh dan berkembang seperti sekarang ini semula adalah Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif Lawang yang didirikan pada tanggal 20 Mei 1983 atas prakarsa Bapak H.M. Farchan selaku ketua Lembaga Pendidikan Al-Ma’arif Lawang. Prakarsa tersebut akhirnya dilimpahkan kepada Bapak Drs. Masyudi Ahmad yang akhirnya juga dipercaya sebagai Kepala Madrasah Al-Ma’arif pertama dengan modal pendirian asebesar Rp. 10.000,- (sepuluh ribu rupiah). Modal tersebut digunakan sebagai dana operasional persiapan tahun pertama pembukaan dan penerimaan murid Madrasah yakni tahun ajaran 1983/ 1984. Pada tahun pertama tersebut, Madrasah Al-Ma’arif Lawang ternyata mendapat sambutan cukup baik dari calon orang tua murid  terbukti pada tahun pertama tersebut sebanyak 24  murid baru dipercayakan oleh tua murid untuk belajar pada MTs Al-Ma’arif Lawang. Sebagaimana sekolah yang baru berdiri pada tahun tersebut MTs Al-Ma’arif masih menempati gedung Sekolah Dasar Islam di jalan Untung Suropati 530 Lawang.
Pada awal perjalanan madrasah Al-Ma’arif dinahkodai Bapak Drs. Masyudi Ahmad didukung oleh Bapak HM. Farchan sebagai wakil kepala madrasah, ibu kusmardiyah, bapak Muhammad Su’ud, bapak N. Chanani,.M, ibu Masyitah, bapak Iman Aruman, bapak Rahmad Suyono, bapak H. Ahmad Hadi (lurah lawang), bapak Mundzir Ma’ruf BA (Kepala KUA) bapak Ahmad Ramelan sebagai tenaga pengajar dan ibu Ftriyatul Masruro sebagai staf tata usaha telah membaktikan diri dengan ikhlas untuk pengembangan Madrasah Al-Ma’arif Lawang.
Perkembangan selanjutnya tahun kedua penerimaan siswa baru tahun 1984/ 1985 MA Al-Ma’arif semakin mendapat kepercaan dari masyarakat terbukti dengan jumlah siswa yang masuk pada tahun ajaran tersebut sebanyak 30 orang.  Dan pada kesempatan tahun tersebut pemerintah memberikan kepercayaan dengan memberikan tawaran untuk dinegerikan.  Melalui berbagai pertemuan antara dewan guru, pengurus yayasan dan tokoh masyarakat akhirnya sepakat menerima tawaran pemerintah untuk merubah status  Madrasah Al-Ma’arif Menjadi Madrasah Tsanawiyah Persiapan Fillial Negeri III Malang di Kecamatan Lawang dengan penetapan dari Kanwil Depag Propinsi Jawa Timur.
Perkembangan selanjutnya setelah berubah status menjadi Fillial Negeri III Malang jumlah siswa yang masuk pada tahun ajaran baru semakin meningkat, tercatat pada tahun ajaran 1985/ 1986 tercatat 49 orang siswa, tahun 1986/ 1987 tercatat 106 orang siswa sehingga pada tahun ajaran 1986/ 1987 jumlah keseluruhan siswa tercatat 185 orang. Seiring dengan perubahan status dan bertambahnya jumlah siswa pada saat itu tidak lepas dari peran jajaran BP3 sebagai penopang gerak langkah madrasah antara lain bapak Moh. Naim, bapak Achmad Subandi, bapak Serma Saimin, bapak Kasiyan dan ibu Arbaniyah.
Perkembangan selanjutnya pada tahun ajaran 1993/ 1994 Madrasah Tsanawiyah Fillial Negeri III Malang di Lawang ditetapkan dan diyatakan secara resmi menjadi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Lawang dengan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 244 Tanggal 25 Oktober  1993 tentang Pembukaan dan Penegerian Madrasah. Hingga sampai tahun pelajaran 2011/ 2012 Madrasah Tsanawiyah Negeri Lawang memiliki siswa dengan jumlah total 666 orang dengan jumlah rombong belajar 17 rombel terdiri dari kelas VII 7 Rombel , kelas VIII 7 Rombel Kelas belajar, kelas IX 5 Rombel.
Semoga Madrasah Tsanawiyah Negeri Lawang semakin maju dan berkembang, semakin dicintai Allah dan dicintai masyarakat dan besar dimata Allah dan besar dimata masyarakat. Semoga jerih payah perintis, pendiri dan segenap jajaran yang te;lah membaktikan diri pada MTsN Lawang dicatat sebagai amal sholih oleh Allah Swt. Amin ya Robbal’aalamiin.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar